Sabtu, 26 Maret 2011

Sejarah Singkat ISO 9001

Sejarah ISO 9001

ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, seperti yang dikenal sebagai ISO 9001, merupakan salah satu standar ISO 9000. Sistem ini menentukan persyaratan untuk organisasi yang men-desain , mengembangkan, memproduksi, merakit atau penyediaan segala jenis produk atau jasa yang ingin menerapkan sistem ini untuk meningkatkan produk dan kualitas layanan.


ISO 9000

Standar ISO 9000 meliputi banyak standar, di mana standar utama adalah ISO 9001: Sistem Manajemen Mutu yang menetapkan  bebrapa persyaratan bahwa organisasi harus memenuhi sistem mutu mereka. Selain itu, ada standar tambahan dan panduan yaitu:

1. ISO 9000: Istilah dan Definisi

2. ISO 9004: Pedoman Penilaian Kinerja Sistem Manajemen

3. ISO 19011: Pedoman prinsip audit sistem manajemen


Versi  ISO 9001

1. ISO 9001:1987 - Sistem Kualitas ( Quality System )
Manajemen mutu - model manajemen kualitas dalam desain / implementasi, manufaktur, angsuran dan teknis layanan

2. ISO 9001:1994 - Sistem Kualitas ( Quality System )
Manajemen mutu - model manajemen kualitas dalam desain / implementasi, manufaktur, angsuran dan teknis layanan

3. ISO 9001:2000 - Sistem Manajemen Mutu ( Quality Management System ) - Persyaratan

4. ISO 9001:2008 - Sistem Manajemen Mutu ( Quality Management System ) - Persyaratan (Ini adalah versi ISO 9001 saat ini)


Pengenalan ISO 9001:2008

ISO 9001:2008 adalah versi keempat Standar ISO 9001 (yang pertama diterbitkan pada tahun 1987, kemudian tahun 1994, tahun 2000 dan  sekarang tahun 2008 ) dan menjadi standar global yang menjamin kepuasan tehadap persyaratan persyaratan mengenai kualitas dan peningkatan kepuasan pelanggan dalam hubungan antara pemasok-pelanggan.

ISO 9001:2008 tidak menambahkan sesuatu yang baru dari versi 2000, tetapi memperjelas persyaratan dalam ISO 9001:2000  didasarkan pada praktek  selama 8 tahun dan membawa perubahan yang berorientasi pada perbaikan dalam rangka meningkatkan kesesuaian dengan ISO 14001: 2004 tentang Sistem Manajemen Lingkungan.


Manfaat perusahaan, organisasi dengan sertifikat ISO 9001:2008 adalah:

1. Memuaskan pelanggan; menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan basis pelanggan;

2. Mengurangi biaya operasional dengan mengidentifikasi proses, jumlah minimum pengalokasian sumber daya untuk proses dan membangun interaksi yang sesuai antara organisasi dan proses-proses;

3. Meningkatkan hubungan antara perusahaan (termasuk staf), pelanggan dan pemasok;

4. Menjadi sesuai dengan undang-undang dengan memahami peraturan yang berlaku, yang berdampak pada pelanggan dan perusahaan mereka sendiri;

5. Meningkatkan kemampuan manajemen risiko dengan mengidentifikasi akar penyebab risiko dan menerapkan tindakan korektif yang sesuai dengan organisasi;

6. Membuktikan keandalan organisasi dengan melakukan audit independen atas dasar standar yang diakui;

7. Menang atas pesaing lain, terutama bila pembeli membutuhkan sertifikat tersebut.


Sumber   http://iso-90012008.net/iso-9001-history/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger